-->
  1. LOGIKA FUZZY
Untuk download selengkapnya : "klik ini" atau "Klik ini".
Definition from Personal blog:
Fuzzy Logic adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu – ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Fuzzy logic menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dari informasi yang ambigu, samar – samar, atau tidak tepat. Sedikit banyak, fuzzy logic menyerupai pembuatan keputusan pada manusia dengan kemampuannya untuk bekerja dari data yang ditafsirkan dan mencari solusi yang tepat. Example sentence(s):

  • Logika Fuzzy ( logika samar ) merupakan logika yang berhadapn langsung dengan konsep kebenaran sebagian, dimana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat di ekspresikan dalam binary 0 atau 1. logika fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1. Karena alasan diatas maka pada penelitian ini akan dibuat perancangan perangkat lunak dan perangkat keras robot avoider dengan mengunakan aplikasi Fuzzy Logic sebagai kendali sistem. Electronic Lab
  • Perlu diketahui bahwa Teori Himpunan Samar dan Logika Samar sangat berkembang pesat pada saat ini. Banyak sekali masalah-masalah nyata yang lebih tepat diselesaikan menggunakan Teori Himpunan Samar dan Logika Samar. Banyak sekali muncul teori-teori baru pada saat ini misalnya: Topologi Fuzzy, Analisa Fuzzy, Aljabar Fuzzy (Fuzzy Semi Group, Fuzzy Ring, Fuzzy Group, dan sebagainya). Penerbit Graha Ilmu
Sumber: http://www.proz.com/kudoz/english_to_indonesian/computers:_software/3223481-fuzzy_logic.html#7277663
Pada saat ini, logika fuzzy sudah banyak diterapkan di pelbagai bidang, baik di dunia industri maupun bisnis. Bahkan pada dasawarsa terakhir ini aplikasi logika fuzzy ini semakin menjamur seiring dengan perkembangan teknologi komputasi yang luar biasa pesatnya. Tentu saja perkembangan ini menuntut para mahasiswa dan praktisi untuk mengenal lebih dalam mengenai logika fuzzy.
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Di mana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.
Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit", "lumayan", dan "sangat". Dia berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Dia diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Logika_fuzzy
Mengapa harus logika Fuzzy?
a. Konsep logika fuzzy mudah dimengerti. Konsep matematis yang mendasari penalaran fuzzy sangat sederhana dan mudah dimengerti.
b. Logika Fuzzy sangat fleksibel.
c. Logika fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat.
d. Logika Fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi non linearyang sangat kompleks.
e. Logika fuzzy dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan.
f. Logika Fuzzy dapat bekerjasama denan teknik-teknik kendali secara konvensional.
g. Logika fuzzy didasarkan pada bahasa alami.
Aplikasi
a. Pada tahun 1990 pertama kali dibuat mesincuci dengan logika fuzzy di Jepang (Matsushita Electric Industrial Company). Sistem fuzzy digunakan untuk menentukan putaran yang tepat secara otomatis berdasarkan jenis dan banyaknya kotoran serta jumlah yang akan dicuci.
b. Transmisi otomatis pada mobil.
c. Kereta bawah tanah Sendai mengontrol pemberhentian otomatis pada area tertentu.
d. Ilmu kedokteran dan Biologi, seperti sistem diagnosis yang didasarkan pada logika fuzzy.
e. Manajemen dan pengambilan keputusan, seperti manajemen basis data, tata letak pabrik, pembuatan games yang didasarkan pada logika Fuzzy.
Logika Fuzzy dengan menggunakan Matlab
MATLAB adalah sistem perangkat lunak interaktif dengan elemen dasar basis data array. Hal ini memunginkan seorang pengguna (user) dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan komputasi dan matematika serta perhitungan teknik, khususnya yang melibatkan matriks dan vektor dengan waktu yang lebih singkat darik waktu yang dibutuhkan untuk menulis program dalam bahasa C atau FORTRAN.MATLAB dikeluarkan oleh perusahaan Mathwork Inc. Agar dapat menggunakan fungsi fungsi logika fuzzy yang ada pada MATLAB, maka harus diinstalkan terlebih dahulu TOOLBOX fuzzy. Fuzzy logic toolbox memberikan fasilitas Grapihcal User Interface (GUI) untuk memperindah dalam membangun suatu sistem fuzzy.
Sumber: http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-makalah-tentang/mengenal-tollbox-fuzzy-sistem-pada-matlab

1 comments:

  1. Mau tanya maksud dari informasi yang samar atau ambigu? Mohin dijawab saya butuh penjelasan untuk skripsi saya.

    BalasHapus

Terimakasih dan jangan sungkan untuk berdiskusi atau memberikan saran di kolom komentar.

 
Top